Wednesday, May 22, 2013

Cara Membuat Remote Komputer dengan Ponsel Pintar

Membuat remot dengan smartphone

Membuat Remote Komputer dengan Ponsel Pintar
Menonton film dengan TV atau DVD Players paling enak dengan tiduran atau sambil duduk-duduk menikmatikan makanan ringan. Hal itu sangat mudah dilakukan karena TV dan DVD Players sudah dilengkapi dengan remote untuk mengontrol dari jarak jauh. Namun bagaimana jika anda ingin melakukannya dengan komputer?
Seperti kita ketahui baik komputer/laptop memang dibuat tidak dengan remote atau pengontrol jarak jauh. Hal itu memang sengaja, karena kemampuan komputer itu sudah melebihi dari apa yang anda bayangkan, maksudnya seperti ini dengan menggunakan komputer andapun juga bisa membuat sendiri berbagai peralatan pintar apalagi cuma untuk membuat remote kontrol, hal itu cukup muah dilakukan oleh komputer.

Lalu bagaimana agar komputer/laptop anda ingin dibuatkan remote? Ada banyak cara untuk membuat remote komputer, salah satunya dengan bantukan ponsel pintar anda. Lalu bagaimana bisa ponsel dibuat untuk remote komputer? Seperti yang saya katakan diatas, bahwa kemampuan komputer itu bisa melebih apa yang anda bayangkan. Banyak teknologi terbaru ditemukan dengan bantuan komputer. Salah satunya ya ini, namanya “Unified Remote“.
Unified Remote adalah sebuah aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengontrol segala aktivitas anda di komputer. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu Full Version dan Free. Jika anda ingin mencobanya sebaiknya gunakan yang versi Free alias gratis saja, meskipun gratis Unified Remote tetap memberikan berbagai fitur yang lengkap dan menarik.
Bagaimana cara kerja Unified Remote?
Unified Remote dapat anda gunakan untuk mengontrol komputer anda jika anda telah menginstalnya pada ponsel pintar anda serta komputer anda. Dimana aplikasi Unified Server anda tanamkan pada komputer anda sedangkan aplikasi client anda tanamkan pada ponsel pintar anda. Dengan syarat bahwa ponsel pintar dan komputer anda terhubung dalam satu jaringan WiFi.
Lalu ponsel apa saja yang dapat digunakan remote?
Untuk saat ini Unified Remote baru mendukung ponsel berbasis Android 1.5 keatas dan Windows Phone 7.5 keatas. Tapi sampai saat ini masih terus mengembangkan aplikasi tersebut untuk dapat mendukung semua platform ponsel pintar seperti IOS dan Blackberry.
Sedangkatn untuk komputer yang akan anda kontrol menggunakan Unified Remote minimal berbasis Windows XP keatas, untuk sistem operasi lain seperti Mac dan Linux masih dalam tahap pengembangan.
Apa saja yang dapat dikontrol dengan Unified Remote?
Unified Remote yang telah terkoneksi dengan komputer anda dapat bekerja menggantikan fungsi mouse dan keyboard (english, function, german, russian dan swedish), keyboard navigasi, keyboard numpad, mengakses file manager, menjalankan media, power control (restart, log off, sleep, lock, wake on lan, hibernate dan shutdown), scroll wheel (menggantikan scrool pada mouse), slide show untuk menjalankan presentasi, mengakses start menu, menjalankan media player (vlc, windows media center, windows media palyer) dan yang terakhir mengakses situs Youtube. Enaknya lagi, Unified Remote bisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus secara bergantian.
Lalu bagaimana cara mendapatkannya?
Untuk mendapatkan Unified Remote silahkan anda download secara gratis dan sesuaikan dengan palatform ponsel pintar anda disini.
Demikialah cara mudah membuat remote komputer dengan ponsel pintar anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

1 comment:

  1. nomer satu emang banyak terjadi di indo hahaha.. apalagi yang beli emak-emak
    solder uap
    eh iya lho min ternyata google bukan penciptanya

    ReplyDelete